468x60 ads




"Asal Usul Kata Okee"

Asal Usul Kata "OKE"- 


Kata Oke adalah sebuah kata yang tidak mengandung arti khusus namun kata ini sudah lazim dan akrab sekali dipergunakan oleh kita semua pada kesehariannya, dalam penulisan pun sedikitnya ada tiga bentuk “ OKEY” kemudian “ OKE “ dan “ OK” semua adalah sama yakni merupakan suatu bentuk persetujuan pada sebuah komunikasi yang dilakukan oleh dua orang atau lebih.

Lalu bagaimana kata tersebut bisa muncul, mari kita membahasnya disini
Nah ini merupakan tulisan dari teman naufal berupa cetakan print yang katanya dari situs kontekaja.com berhubung naufal menganggap tulisan ini penting jadi semuanya naufal tulis ulang. Berikut adalah artikelnya :

KATA oke atau OK sudah sangat akrab bagi kita dan bisa jadi ini adalah kata dalam bahasa Inggris yang paling tersebar luas ke seluruh dunia. Kata ini digunakan oleh para penutur bahasa-bahasa yang masih satu rumpun dengan bahasa Inggris hingga yang berbeda rumpun. Bahkan, orang-orang Rusia yang tidak mengenal susunan vokal+konsonan seperti ini pun tetap fasih melafalkan OK. Demikian pula orang-orang Arab.

Meski penggunaannya sudah menyebar begitu luas, tidak terlalu jelas dari mana kata ini berasal. Dalam bidang bahasa dikenal istilah etimologi, yakni ilmu yang mempelajari asal usul suatu kata. Riwayat kata OK merupakan salah satu topik paling populer yang dikaji oleh para etimolog. Berikut ini adalah beberapa penjelasan tentang asal muasal kata OK.

1. ‘OK' sebagai singkatan dari O (zero) Killed. Tentara Amerika menggunakanya dalam Perang Dunia Kedua saat mereka baru pulang usai menjalani misi. Zero Killed berarti tidak satupun prajurit yang tewas dalam misi itu.

2. ‘OK' berasal dari kata dalam bahasa asli Indian okeh. Tidak ada keterangan apa pun tentang arti kata okeh ini.

3. ‘OK' sebagai singkatan dari Oberst Kommandant (istilah orang Jerman untuk Colonel-in-Command) dan digunakan oleh Baron Von Steuben, seorang Jenderal Amerika dalam Perang Revolusi.

4. ‘OK' berasal dari nama Perancis untuk pelabuhan di Haiti, Aux Cayes, yang terkenal dengan produksi rum.

5. ‘OK' sebagai singkatan dari Orrin Kendall, nama merek crackers (biskuit asin) yang dikirim sebagai suplai makanan bagi tentara Amerika selama Perang Sipil.

6. ‘OK' berasal dari istilah telegram era 1860-an untuk Open Key. Ini sejenis kunci seperti yang ada pada papan kunci (keyboard) komputer modern.

7. ‘OK' sebagai singkatan untuk oll korrect, kesalahan eja untuk all correct. Presiden AS Andrew Jackson seorang pengeja yang payah dan menuliskan OK dengan maksud menandai bahwa semua dokumen kenegaraan yang dibacanya berstatus all correct.

Banyak etimolog mengatakan penjelasan inilah yang paling mendekati kebenaran.
Bagaimana menurut Anda?
Oke nggak ?



0 komentar:

Poskan Komentar

Blog Archive

Labels