468x60 ads




Lihat Cara Kerja Layar Sentuh (TouchScreen)

Lihat Cara Kerja Layar Sentuh (TouchScreen)

Teknologi yang dibenamkan di Hp sudah semakin canggih saja…..hampir dapat dikatakan bahwa setiap kali vendor menlaunching produk baru pastilah ada teknologi baru yang disematkan pada produk tersebut. Salah satunya adalah teknologi layar sentuh bahasa kerennya touchscreen.

Mungkin kita sudah tidak asing mendengar kata touchscreen, namun tahu kah anda bagaimana touchscreen itu dapat berkerja ?

Nah untuk itu chandra mencoba membahasnya disini, supaya kita jangan Cuma asal bisa nyebut saja, giliran diminta menjelaskan malah bingung sendiri….Yuk kita dengarkan bahasannya….

Secara garis besar teknologi touchscreen ini merupakan suatu paduan antara tiga komponen utama yaitu :

Sensor sentuh
Merupakan suatu panel kaca bening pada Hp dengan permukaan yang dirancang khusus supaya responsive terhadap sentuhan. Sensor sentuh ini merupakan komponen lapisan pertama yang seyogyanya dapat disebut inilah komponen yang selama ini bersentuhan dengan jari tangan kita atau dengan jotter.

Panel sensor diletakan pada seluruh sudut dari layar Hp dan menyebabkan setiap sudutnya responsive terhadap sentuhan, tugas inti dari sensor sentuh ini adalah mengubah aliran listrik atau sinyal. Perubahan voltase inilah yang membedakan bidang mana yang disentuh.

Controler
Merupakan suatu penghubung antara sensor sentuh dengan CPU pada perangkat Hp. Informasi berupa sentuhan yang diterima oleh sensor sentuh dialirkan ke Controler untuk selanjutnya dikirimkan ke CPU yang akan menerjemahkan intruksi apa yang harus dijalankan. Letak controller tersebut secara umum diletakan dibawah layar yang telah terdapat sensor sentuh atau diletakan pada wadah berupa plastik.

Driver
Sesuai dengan namanya yakni pengemudi, driver inilah yang mengemudikan supaya sensor sentuh dan controller serta CPU berkerja secara bersamaan sehingga tidak terjadi crash atau error command. Jadi driver ini secara kasar dapat dikatakan sebagai supir yang harus pandai mengemudikan supaya tidak terjadi kecelakan.

Nah begitulah kira – kira bahasan secara garis besar bagaimana teknologi touchscreen bekerja….semoga bermanfaat.


0 komentar:

Poskan Komentar

Blog Archive

Labels